GRAFIK EWMA

Grafik Pengendali Exponentially Weighted Moving Average (EWMA) merupakan alternatif yang baik terhadap grafik pengendali Shewhart dalam mendeteksi pergeseran rata-rata proses yang kecil. Secara khusus grafik EWMA digunakan pada pengamatan secara individu, yaitu ukuran sampel n=1 (Montgomery, 2001).


Jika ukuran dari subgroup n>1, xi diganti dengandan dengan = σ/ . Sehingga diperoleh:
CONTOH :
Sebuah perusahaan melakukan  pengecekan dan pengukuran berat suatu produk.  Jumlah  data sampel yang diperiksa adalah 100 unit. Sampel itu dibagi menjadi 25 subkelompok  yang masing-masing terdiri dari 4 unit.
Cara membuat grafik pengendali EWMA menggunakan minitab ialah:
Klik Stat → Control Chart → Time Weighted Chart → EWMA, isi variabel yang akan di buat grafik EWMA ( contoh disini adalah berat ), kemudian isi subgrub size nya sesuai dengan jumlah unit sub kelompok ( disini adalah 4 ), jika ingin membuat diagram EWMA individual maka menggunakan subgrub size 1. Kemudia isi dengan bobot yang telah ditentukan pada weight of EWMA. Menurut Lucas dan Saccucci (1990), faktor pembobot λ yang digunakan pada grafik EWMA biasanya direkomendasikan berada pada interval 0,05 hingga 0,25.





Komentar